YUK! KENALI JENIS KULIT, CIRI-CIRI, DAN PERAWATANNYA

11/02/2017

Di postingan kali ini saya mau membahas tentang jenis kulit karena akhir-akhir ini saya lagi getol-getolnya baca artikel mengenai perawatan kesehatan dan kecantikan kulit. Uhm... mungkin hormon bawaan bumil di trimester kedua ini lagi rada centil hehehe.

Bicara tentang perawatan dan kecantikan, kalau landasan perkenalan tentang jenis kulit pada kosmetik (berarti meliputi area wajah ya), biasanya kita harus tau dulu dasar warna kulit atau skin tone kita. Kalau diklasifikasikan, secara umum warna kulit biasanya dibedakan antara 2 sifat yakni cerah dan gelap. Tapi tentu aja ga cukup sampe situ, seringkali kita masih direpotkan dengan nomor-nomor yang jadi kode warna-warna apa aja yang cocok untuk jenis kulit kita.

Macam-macam rona kulit (source: wikiHow)
Dari gambar diatas, bisa kita ketahui bahwa seenggaknya ada 3 kategori skin tone, yaitu Neutral-undertones, Cool-undertones, dan Warm-undertones. Gimana sih cara mengetahuinya? Salah satu cara yang paling mudah adalah: kita bisa lihat rona kulit kita berdasarkan warna urat nadi di pergelangan tangan kita.
- Warm-undertones ditandai dengan warna kulit yang cenderung gelap sehingga garis urat nadi yang muncul pada pergelangan tangannya condong berwarna hijau. Untuk foundation biasanya cocok menggunakan warna-warna dengan kode Honey, Olive, Coconut/Caramel. Untuk perona pipi bisa memilih warna-warna terang seperti Fuschia, Brown, atau Tangerine, dan Cocoa sebagai warna bronzernya.
- Cool-undertones ditandai dengan warna kulit yang cenderung putih terang dengan rona merah muda sehingga garis urat nadi yang tampak pada pergelangan tangannya condong berwarna biru/keunguan. Untuk foundation biasanya cocok menggunakan warna-warna Ivory, Nude, dan Beige. Sedangkan untuk perona pipi lebih baik memilih warna-warna lembut dan transparan sejenis Soft Pink, Light Coral, atau Peach, dan Rose sebagai warna bronzer.
- Neutral-undertones ditandai dengan warna kulit diantara dua jenis kulit sebelumnya dan menunjukkan garis urat nadi yang tampak pada pergelangan tangannya perpaduan antara warna hijau dan biru keunguan. Untuk pilihan foundation biasanya cenderung menggunakan kode shade Natural, Bisque/Light. Sementara, untuk pilihan perona pipi bisa menggunakan warna-warna Pink, Mauve, maupun Deep Peach, dan Bronze sebagai warna bronzer.

Kalau dipukul rata-rata mayoritas perempuan di Indonesia warna kulitnya dikategorikan antara Kuning Langsat hingga Sawo Matang. Itu kenapa shade yang biasanya cocok untuk foundation maupun cushion bagi perempuan Indonesia adalah Beige. Saya sendiri tergolong yang punya warna kulit Neutral-undertones dengan kategori shade bright atau kuning langsat yang cenderung cerah. Sehingga bagi pemilik Neutral-undertones seperti saya biasanya cocok dengan shade True Beige, Natural Beige, hingga Pink Beige. Sementara untuk pemilik Cool-undertones tersedia pilihan dengan shade Light Beige, atau Nude Beige. Sedangkan yang punya Warm-undertones bisa memilih warna-warna Beige dengan kode Honey Beige atau Sand Beige.

Nah. Berbeda dengan jenis rona kulit yang harus kita ketahui sebelum beli kosmetik/make up, begitupun dengan pemilihan jenis skincare yang cocok sendiri biasanya harus diketahui dulu sebelumnya dari beberapa kategori jenis kulit yakni Kulit Normal, Kulit Kering, Kulit Berminyak, Kulit Kombinasi, dan Kulit Sensitif.

Bagaimana ciri-cirinya?


- Kulit Normal memiliki keseimbangan yang baik antara kadar minyak dan kadar air yang membuat tidak terlalu kering dan tidak juga berminyak. Kulit wajah normal cenderung seperti kulit anak-anak, terasa kenyal, kulitnya halus dan kemerahan daripada area kulit tubuh lainnya, permukaannya jelas dan pori-porinya tidak terlalu nampak, tidak bersisik dan tidak juga mengkilap, tidak mudah berkerut, biasanya tidak terlalu berpengaruh sensitif terhadap zat-zat tertentu dan lebih mudah dirawat.

You May Also Like

0 komentar