#THROWBACK PART II

8/08/2017

Assalamualaikum gaes...
Make a long jump back to 2015, yang lumayan struggled and tangled banget hampir bagi semua orang disekeliling gue. Terasa panjang, terasa lelah, rada ngebatin, dan hot kayak balsem Geliga. Engga, bukan efek "panas" karena baru pindah ke Bekasi, tapi emang kayaknya 2015 adalah tahun yang sangat menantang mental, re-charge Iman banget, khususnya sih gue pribadi dalam menghadapi beberapa personal relations dalam lingkungan gue. Banyak tangis, harap, doa, unforgettable memories, pahit-pahit yang Alhamdulillah bisa keleten dengan akal sehat meskipun banyak petikan hikmah-hikmah nyangkut yang terus jadi bahan observasi sangkut-paut efeknya sekarang.

Life isn't hard, it's just uneasy. Harap bersabar, ini ujian.. Selama masih bisa senyum, menutupi semuanya bersikap baik-baik saja, satu-satunya hal yang bikin gue tetap bertahan ga boleh ngeluh, apalagi blow up sana-sini memprihatinkan. Ya, saat itu. Tapi hari ini, ketika semuanya sudah lewat plong bagai kentut baru gue tau kapasitas diri gue memang mampu meredam semua seperti janji Allah "Allah never puts us for something we can't handle". 🙌

Di awal tahun yang gue inget adalah tahun pertama tinggal berdomisili di Bekasi. Setelah insiden pulang dari Jogja tahun lalu, di Tahun 2015 si Abang mencoba peruntungan cintanya lagi, bulan Februari dia akhirnya dateng kerumah Bekasi, kali ini sama kakaknya dengan tujuan nganter undangan dan baju seragam buat gue di kawinan kakaknya, tapi langsung di skakmat sama Abah, "Insya Allah hadir kalau ga ada halangan, tapi Shela gausah dilibatin jadi panitia ya, nanti malah ngerepotin keluarga di Cilegon" What? Kok jadi gue yang dibilang ngerepotin zzzzz sa ae alasannya si bosque. Untung itu seragam yang udah dibawain kagak ditagih balik 😪

My very first time landed at Cilegon.
Bulan Maret tepat tanggal 1 ternyata Abah nepatin janji mau jauh-jauh kondangan pertama kalinya menjejakkan kaki di Cilegon berangkat dari rumah pagi-pagi (itu juga pake segala kejebak macet sama nyasar di BSD) walaupun ga keburu hadir pas akad but at least nongol lah~


Yang bikin idung kita kembang kempis ke-geer-an akankah ini pertanda hubungan ini mulai direstui dengan adanya kunjungan balik. hahahahaha NGAREP. yaemang. karena ternyata tetep aja ga sesimpel itu pemirsah.
Mohon bersabar, kisah ini ga berakhir pendek.

Maret kali ini, LDR saat ulang tahun untuk kesekian kalinya. Ya ya Maret terakhir bisa ulang tahun bareng si Abang tahun 2013, tepatnya ulang tahun ke-21 sehari setelah gue yudisium.
Sebenernya biasa aja sih kita berdua bukan penganut harus raya-raya-an hari tertentu termasuk ulang tahun atau anniversarry, ya paling sebatas reminder aja. But seems March likes me so much! Uh... at least this year.
Terimakasih ga pernah absen dalam mendoakan 😊

Kunjungan keluarga Banjar.
Masih di bulan yang sama, untuk pertama kalinya Nini datang berkunjung ke rumah Bekasi sekaligus transit mengantar Ciyaya dan keluarga yang liburan ke Korea. Sebenernya mupeng berat sih, kepengen juga ke Korea karna waktu itu lagi nge-trend, etapi mahal hiks, kalo sekarang sih kayaknya hayuk aja berani kalau ada yang ngajakin backpackeran ke Korea 😏

Rada lebay sih, yang berangkat ke Korea cuma berlima yang nganter berlapan 😂😂 sebenernya sih gegara sekalian jemput nini, tradisi nyonya besar tiap berkunjung kan emang gitu harus disambut seturunan, segini baru dua generasi. Jadilah macem kayak rombongan orang pengen mudik 😪

Dari semua oleh-oleh cuma ini yang kefikiran difoto, soale aseli uenaaaqq!
Selama rangorang pada ke Korea, Nini sempat stay di Bekasi sekitar dua minggu-an lebih, yang seinget gue juga pertama kalinya akhirnya Nini kenalan sama si Abang karena waktu itu ada momen apa ya lupa hahahahaha. Nini hari itu spesial masak makanan khas Banjar "Masak Habang", abis itu gue disuruh nganter kedepan, trus pas gue balik lagi nini nanya: Loh, kok balik lagi? Ga nemenin disana?. Masalahnya ga banyak orang tau kalau akan sangat awkward ketika gue berada di satu tempat antara si Abang sama Abah. Beresiko terlalu risih. Dan bener aja waktu si Abang pulang, Nini mengulangi pertanyaan yang sama ke Abah: "Kok Shela-nya ga ada ngobrol sih sama pacarnya?", and you know what, jawaban Abah simple dengan muka datar: "Lah, kan kemari urusannya mau ngobrol sama Bapaknya, ngapain anaknya ikut muncul-muncul" BAHAHAHAHAHAHAH. Nah kan sudah kuduga 😅.

dan sejak saat itu, setiap kali si Abang kerumah walau sudah menempuh jarak antar galaksi Cilegon-Bekasi, janganlah pernah berharap bakal bisa ngapelin gue, karena nyatanya ritual ngobrol sama calon mertua yang biasanya berupa Muqoddimah sebelum ngajak si pacar pergi hanyalah mitos bagi Abah, kalau udah beres urusan ngobrol sama Abah ya selanjutnya diakhiri dengan salam pamit. hahahahahahaha.

Setelah itu si Abang mulai pede kayaknya lumayan rutin mampir kerumah, adalah sebulan-dua bulan sekali doi nongol, mungkin kecanduan ngobrol sama Abah, sampe lama-lama biasa aja gitu kalo dia dateng gue ga harus caper nongol-nongolin diri soalnya emang dia juga kagak nyariin 😑.

APRIL. Ketika orangtua sakit, tapi lo ga bisa berbuat banyak...
Untuk pertama kalinya, Abah sakit benar-benar drop, biasanya Abah lincah silaturrahmi kemana-kemana tiba-tiba kena serangan asam urat yang bikin pinggang sampai kaki kirinya sulit buat berdiri. Ah sedihlah. Dan yang lebih menyedihkan lagi waktu itu bertepatan dengan jadwal beberapa hari lagi Abah harus berangkat ngawal jamaah Umroh, bahkan sehari sebelum berangkat sampe beli kursi tongkat buat dibawa ke Mekkah. Ya Allah... setiap inget momen itu selalu jleb bahwa walaupun dalam keadaan kayak gitu Abah masih harus memenuhi banyak tanggung jawab dan sebagai anak pertama gue ngerasa ga berguna karena ga bisa apa-apa sampai kepikiran seandainya gue terlahir jadi anak lelaki mungkin keberadaan gue masih bisa diandalkan Abah disituasi begini. Buat sebagian orang, ah lebay banget sih! Ya mungkin beberapa diantara kalian ga pernah tau rasanya ketika menghadapi orangtua sakit yang bikin kondisi fisik dan mentalnya banyak berubah. Ada kecemasan. Ada trauma. Dan empati itu ga bisa diceritakan dengan kata-kata.

Abah berangkat Umroh berbarengan dengan beberapa grup lain dengan agenda perjalanan awal transit via Oman, Abah masih sering berkabar karena katanya di Oman open Wifi dimana-mana. Waktu tiba di Saudi, kadang kontaknya lancar kadang engga yang akhirnya tanpa sepengetahuan Abah kadang gue kontak tour leader grup lain buat mantau keadaan Abah, udah minum obat atau belum dll. Sediiih banget waktu Abah kirim foto selepas tawaf pakai kursi roda tapi ya gitu lah Abah, selalu mengajarkan kami supaya tetap ceria walaupun lagi kepayahan. Abah tetap masih bisa cerita banyak hal dengan kocak dan ketawa-ketawa. Seperti biasa setiap Abah berangkat umroh Abah selalu telpon kalau lagi di Raudhah atau pun didepan Ka'bah, "mau titip doa apa", katanya kali ini. Ga ada doa lain yang kami harapkan selain kepulihan kesehatan Abah dan pulang kembali ke tanah air dengan selamat. Inget banget Abah waktu itu ngasih balasan emot senyum.

Selepas agenda umroh selesai, rute perjalanan Abah beda dengan grup lainnya, transit via Kuwait, beda waktu di Oman, kali ini di Kuwait dari landing dan selama proses imigrasi di airport benar-benar ga ada kabar sampai akhirnya tiba di hotel dan sempat video call sebentar, itu pun sinyalnya putus-putus. Waktu perjalanan pulang ke Indonesia sempat ada kendala kerusakan pesawat yang bikin pesawat katanya harus transit tanpa turun pesawat selama sejam di Malaysia. Dirumah sempat panik karena jadwal pesawat yang harusnya tiba jam berapa, sampai jam berapa masih aja belum ada kabar sampai akhirnya ngecek via traffic bandara. Totally worry! Oh gitu rasanya mungkin waktu orangtua panik deg-deg-an cemas dan khawatir kalau anaknya pulang telat, kalau hp anaknya mati ga bisa dihubungi, apalagi kalau anaknya ketauan nge-bohong bilang kemana padahal kemana. Hmm...

Semoga Allah senantiasa melindungi orangtua kita sebagaimana mereka menjadi pelindung bagi kita selama ini, dan semoga Allah menjadikan kita anak yang membanggakan mereka sebagaimana mereka selalu membanggakan kita di dalam hatinya.

JUNI. Finally she was graduated!
Ah... akhirnya, setelah berbulan-bulan terakhir yang melelahkan buat Rismadila Ulfah bolak-balik bimbingan Bekasi-Bogor berangkat subuh pulang malem bahkan kadang sampe nginep dirumah temen kalau ada jadwal kuliah, itu pun udah sering banget bolos minta absenin temen, belum lagi pengajuan susulan atau via online setiap ada kuis atau ujian. Duh kasian deh pokoknya. Akhirnya dia bisa lega menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai Mahasiswi sampai garis akhir. I'm so proud of her!

Sehari sebelum wisuda, dia (dan gue) masih harus berjuang ke Bogor H-1 buat hadir Gladi Resik sekaligus nyari tempat berteduh menginap karena besok ga mungkin sesubuhan nge-bis pake kebaya plus highheels dari Bekasi. Btw, kalau pembaca bertanya-tanya kenapa gue ikutan nginep di Bogor juga; Yaaa.. dipikir aja emang dia bisa dandan dan hijab-an sendiri tanpa campur tangan kreatif gue?

MUA-HIJAB DO-WARDROBE by ME! She was wearing mine from top to toe, as you know yeah~

16 Juni 2016.
Nginep dan nebeng sama Efa Celia Latjuba, akhirnya kami tiba dengan cantique di Puri Begawan. Dan setelah prosesi panjang akhrinya tiba saat pemindahan kuncir, gue tau dia celingak-celinguk nyariin Abah, Mama, and the kiddos, tapi sayangnya Abah ngabarin gue kalau beliau masih on the way karena macet dan kesiangan berangkat. Hedeh. Setelah namanya dipanggil buat proses pindah kuncir, ya pastilah gue sebagai the one and only yang pertama meluk dia, terharu, kita nangis-nangisan berdua so sweet, bukan apa-apa sih, I knew exactly how she felt di momen penting kayak gini 😭😭. Tapi ga lama Abah dateng kok, Alhamdulillah ga mengurangi kebahagiaan kami semuanya berjalan lancar dan tetap memorable. Sepulangnya dari acara wisudaan sempet muter-muter jalan-jalan keliling Bogor, nostalgia ceritanya tang-mentang udah pindah kewarganegaraan ke Luar Angkasa. hahahahahaha

REUMANK, apa kabar?
Udah lama kebangetan kayaknya ga pernah ceritain tentang makhluk-makhluk abstrak ini lagi di blog gue, jarak membentang buat gue untuk bercengkrama fisik sama mereka, sekali-sekali ketemu pun ga pernah komplit-komplit banget. Akhirnya karena panggilan kerinduan djiwa (halah) dan panggilan kenikmatan cucurak, menjelang Ramadhan kita temu kangen yang dibumbui tjurhat kegalau-galau-an masing-masing. Ada yang waktu itu baru putus, ada yang sharing ngatur strategi pedekate sama orangtua pacar, ada yang lagi ngambek sama pacarnya hahahaha duh sungut, bukain aja aib orang teroooss 😝

Tapi asal tau ya manteman, gue berangkat sepagi buta, dijemput Abang Gojek dari Cilandak-Bekasi dan harus menempuh Bekasi-Gunung Putri yang walau bertetangga tapi jalannya ngajak musuhan banget hingga tiba di Cibinong dengan selamat! Udah gitu ba'da Ashar pun langsung cuss pulang biar sampe rumah jam 5 teng seperti biasa. Kalau udah inget yang begini-begini suka terharu tiba-tiba atas perjuangan si Abang demi Incess Cinderella. (Seandainya kamu baca) Makasih selalu menjaga dan bertanggung jawab selama ini ya... Elepyu to the moon and back for thousand times 💕
.....dan entahlah sebulan kemudian ternyata kita ketemuan lagi, masih dengan segala drama, iyalah iyadong disetiap reuni Reumank selalu ada yang dibikin baper! Hahahahaha Tapi kita tetap rame aja macem pasar malem kebakaran. Berisik. Kali ini ada mini Reumank pertama yang lagi training ikutan geng sungut ngumpul. Almashyira Tsabita Maharani. Sekarang sih si mini Reumank nya udah jadi senior dengan beberapa calon junior. Member Reumank berkembang biak cuy sekarang, berbahagialah hobaaah~





and here as bonus, Senyum pejuang LDR biar tetap semangat wkwkwkwk

You May Also Like

0 komentar